Selasa, 13 Januari 2009

Esai

Demokrasi dan Kebebasan Berbicara: Munculnya Konsensus

Perdebatan atas kebebasan berekspresi telah mengalami perjalanan yang cukup lama, di di Indonesia sejak zaman Orde Baru, dengan asas demokratis. Tempat lain di Asia Tenggara, hal serupa dengan jelas dalam isu-isu politik yang sedang berlangsung secara masif. Perdebatan ini telah menjadi domain dalam lingkup domestik, yang tidak mengejutkan, mulai politik lokal dan akhirnya semua, internasional. Namun, ada sesuatu yang bisa didapat—dengan melacak—dari perkembangan global di bidang kebebasan berekspresi.
Sementara partikularitas, setiap masyarakat dapat membuat para warga merasa bahwa situasi mereka adalah sepenuhnya unik, indikatif dari globalisasi ekonomi dan teknologi-komunikasi yang baru dan paralel dan berpreseden di tempat lain. Perdebatan, secara menyeluruh, tentang peluang dan tantangan dari kebebasan berekspresi itu dapat memberikan panduan bagi masyarakat, yang sedang mencoba untuk menelusuri sebuah pilihan.
Baru-baru ini, kami memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari percakapan internasional pada topik ini. Pada bulan September 2007, kami adalah reporter informal untuk seminar tentang kebebasan berekspresi yang diselenggarakan oleh Asia Europe Foundation (ASEF) di Siem Reap, Kamboja. Bulan lalu, kami memulai kuliah di sebuah ASEF: saat tur ke negara-negara Asia Tenggara, bicara ke sesama akademisi, mahasiswa, aktivis masyarakat sipil dan warga negara lainnya yang bersangkutan di Bangkok, Jakarta, Kuala Lumpur, Vientiane dan Phnom Penh. Percakapan ini mengingatkan kita yang sangat mengherankan keragaman ini bagian dari dunia, tetapi juga dikonfirmasi pada ranah umum, yang telah kita amati pada seminar 2007.
Memang, salah satu kesimpulan utama dari seminar ini merupkan gagasan dari kebangkrutan di Asia Barat membagi atas prinsip kebebasan berekspresi. Sebaliknya, terdapat konvergensi jelas. Ini bukan untuk mengatakan bahwa ada konsensus di antara orang. Kontroversi terus mengamuk atas cara orang untuk menjamin hak-hak untuk kebebasan berekspresi seraya meminimalkan efek yang merusak kebebasan. Namun, perdebatan ini mungkin sebagai mendalam dan bergairah dalam setiap negara dan wilayah—apakah Asia atau Barat?—karena antara daerah atau peradaban.
Ada beberapa ide kunci yang melintasi batas-batas nasional. Pertama, adalah yang paling jelas bagi kebebasan berekspresi tidak hanya hak individu tetapi juga bahan yang penting untuk kemajuan masyarakat. Sangat penting untuk pembangunan. Baru kompetisi ekonomi global memerlukan sistem pendidikan yang terbuka dan memelihara pemikiran kreatif—tak dapat dipahami tanpa kebebasan mempunyai dan mengeluarkan pendapat. Hal ini juga sangat diperlukan untuk demokrasi. Pemerintah tidak dapat benar-benar bertanggung jawab kepada masyarakat tanpa pengawasan dari media independen. Kedua, tidak ada kebebasan yang mutlak. Adalah sah untuk meminta individu dari kebebasan berekspresi harus dilakukan dengan cara-cara yang mempertimbangkan hak-hak individu lainnya serta kepentingan umum. Orang memiliki hak untuk melindungi kehidupan pribadi mereka dan reputasi mereka, dan tidak ada hak untuk menyuntik kebencian atau kekerasan. Standarisasi internasional membolehkan membatasi bicara untuk menegakkan ketertiban umum, moralitas publik dan keamanan nasional.
Ketiga, namun, seperti pembatasan sering disalahgunakan oleh pemerintah sah untuk memberangus bicara dan protes. Di seluruh dunia, jurnalis, blogger, artis dan lain-lain akan terus korban untuk pekerjaan mereka. Pembatasan pada ekspresi apapun harus melewati tiga ujian. Harus berdasarkan hukum daripada tindakan sewenang-wenang. Ia juga harus melayani, yang bertujuan dikenali sebagai hukum internasional—yang tidak termasuk kebutuhan untuk melindungi posisi mereka yang berkuasa. Akhirnya, setiap gangguan terhadap kebebasan berekspresi harus diperlukan dan proporsional, tidak seperti yang terlalu umum kecenderungan penguasa untuk terlibat dalam pembunuhan besar-besaran. Keempat, ada kecenderungan umum untuk memerangi rahasia oleh pemerintah untuk menjamin akses masyarakat untuk informasi resmi. Semakin banyak negara di Asia seperti di tempat lain memulai kebebasan informasi hukum. Perlu di ketahui "mendukung transparansi dan tata pemerintahan yang baik, dan konter resmi korupsi. Hukum telah diperkenalkan baru-baru ini, di Bangladesh dan Indonesia. Bahkan Inggris, dimana beberapa negara 'rahasia hukum datang, telah mencakupi prinsip terbuka, dan jelas (detail) dari pemerintah.
Kelima, adanya kesadaran pertumbuhan keterbatasan pasar bebas dan motif keuntungan dalam menyediakan jumlah dan kualitas informasi dan ide dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Dominasi perusahaan media harus seimbang dengan kebijakan pemerintah dalam mendukung keragaman media, termasuk media independent, yang melayanii masyarakat bawah dan media alternatif.
Akhirnya, ada pengakuan bahwa kebebasan berekspresi tidak berarti mengeluarkan negara, dari persamaan. Cukup Sebaliknya: yang diperlukan negara, menegakkan aturan hukum. Banyak negara di dunia, termasuk di Asia, penyensoran pemerintah bukanlah satu-satunya atau bahkan yang paling serius ancaman bagi pekerja media dan seniman. Tak menyukai bicara adalah sah, namun secara umum (rutin) diserang oleh kepentingan non-pemerintah—termasuk memantik kemarahan orang banyak—lalu faktor eksternal dan menggunakan kekerasan, berarti yang tidak setuju dengan siapa mereka. Pasal 19 dari Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia—Desember, 60 tahun terakhir–memperkenalkan prinsip bahwa: "Setiap orang berhak atas kebebasan mempunyai dan mengeluarkan pendapat; hak ini termasuk kebebasan memiliki pendapat tanpa gangguan, dan untuk mencari, menerima dan menyampaikan informasi dan ide melalui media apapun dan berapapun pembatasannya. "
Ini adalah waktu yang ideal untuk menempatkan ke dalam zona praksis. Meskipun masih jauh dari kenyataan yang ada saat ini lebih dari pemahaman pentingnya dan bagaimana hak-hak asasi manusia ini bisa aman bagi semua. Tidak ada satu formula, tetapi interaksi kami di seluruh wilayah meyakinkan kita bahwa orang percaya nafsu di mana hak mereka untuk berbicara pikiran.***

Artikel ini diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh si empunya blog dan disadur dari Koran berbahasa Inggris “The Jakarta Post (07/01/2009)” pada rubrik Opini oleh; Kevin Boyle, Profesor Hukum di Universitas Essex, Inggris, dan Cherian George adalah asisten profesor di Sekolah Wee Kim Wee Komunikasi Informasi, Nanyang Technological University, Singapura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar