Selasa, 03 Juni 2008

Siapa Beranak Pertama…?

Sejak kapan ada peristiwa persalinan? Selama ini para ilmuwan meyakini bahwa bangsa reptile adalah pertama yang menerapkan strategi reproduksi denganj cara beranak itu di masa Mesozoik (248-65 juta tahun lalu). Lebih tua dari itu, mereka tidak yakin ada praktek persalinan, yang ada hanya teknik membesarkan dan memberi kehidupan kepada embrionya dalam perlindungan cangkang telur.

Namun temuan fosil dari Australia telah mengoreksi keyakinan itu. Setelah diteliti, terungkap bahwa specimen ikan berusia380 juta tahun itu terawetkan lengkap bersama embrionya yang masih terikat di tali pusar. Walhasil rekor praktek persalinan tertua mundur sejauh 200 juta tahun.

“Ini bukan hanya pertama kali bahwa sebuah fosil embrio ditemukan lengkap dnegan tali pusarnya, tapi ini adalah juga tertua yang diketahui dari makhluk hidup yang melahirkan anaknya lewat fertilasi internal atau seks” ujar John Long, ketua tim peneliti dari Museum Victoria.

Fosil juga menegaskan bahwa jenis-jenis ikan “placoderm” – jenis ikan yang sangat beraneka ragam dan vertebrata berahng paling primitif – menunjukan system biologi reproduktif yang maju, sama seperti iakn-ikan hiu dan cucut modern. Ikan jenis “placoderm” ini pernah mendominasi lautan, sungai, dan danau menembus masa Devonian (420-360 juta tahun lalu).

Spesimen “placoderm” terbaru temuan Long dkk di Gogo, Australia Barat, tiga tahun lalu, memiliki panjang tubuh 25 sentimeter. “Ketika melihat specimen itu, mulut saya langsung ternganga. Saya katakana, ini adalah temuan besar,” kata professor John Lane dari Musuem Victoria.

Tim peneliti sepakat menamakan temuannya itu “materpiscis attenboroughi” untuk menghormati naturalis sir David Attenborough, sebagi orang pertama yang memperkenalkan Gogo sebagai situs fosil ikan pada tahun 1970-an.

Disadur dari Koran Tempo Jawa Timur & Bali, 30/05/2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar